Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar

Taufiqurrohman, Ofik (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ofik-taufiqurrohman-06707251011.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak dan efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan media, evaluasi dan revisi media. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SD Negeri Pakel Yogyakarta kelas V. Responden penelitian sebanyak 40 orang, terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 3 orang siswa pada uji coba satu-satu, 6 orang siswa pada uji coba kelompok kecil, 29 orang siswa pada uji coba kelompok besar. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar observasi, dan lembar kuesioner untuk siswa, serta lembar soal tes PAI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan metode eksperimen dengan pre-test dan post-test. Data penelitian ini merupakan tanggapan dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap kualitas media pada aspek isi materi, aspek pembelajaran, aspek pemrograman dan aspek tampilan, serta data skor hasil pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media pada aspek isi materi dengan rerata skor 4,60 “sangat baik” dan aspek pembelajaran dengan rerata skor 4,73 “sangat baik”. Rerata skor keseluruhan 4,67 yang termasuk kriteria “sangat baik”, sedangkan penilaian ahli media terhadap kualitas media pada aspek pemrograman dengan rerata skor 3,71 “baik” dan aspek tampilan dengan rerata skor 3,75 “baik”, Rerata skor keseluruhan 3,73 yang termasuk kriteria “baik”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas media yang dikembangkan ini adalah “sangat baik”. Aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,21 “baik”, aspek pemrograman memiliki rerata skor 4,22 “sangat baik” dan aspek tampilan memiliki rerata skor 4,28 “sangat baik”. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,24 yang termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran PAI yang dikembangkan layak untuk pembelajaran. Dari tes yang dilaksanakan diperoleh rerata skor pre-test adalah 72,41 dan rerata skor post-test adalah 92,75 yang berarti ada peningkatan rerata skor antara skor pre-test dan skor post-test, yaitu sebesar 20,34 atau sebesar 28%. Hasil uji t menunjukkan bahwa perbedaan skor yang signifikan, dengan nilai p sebesar 0,000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk media yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42072

Actions (login required)

View Item View Item