Problematika Guru IPS Dalam Pembelajaran Di Sekolah

Setiaji, Muh Agus Fajar (2016) Problematika Guru IPS Dalam Pembelajaran Di Sekolah. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (TABS Digital)
TABS Full 09416244038.swf

Download (531kB)

Abstract

Problematika Guru IPS dalam pembelajaran adalah permasalahan atau kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS. Kendala tersebut bisa berasal dari guru, peserta didik, dan sekolah. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Permasalahan atau problematika guru IPS dalam pembelajaran di sekolah. (2)Mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi problematika guru IPS dalam pembelajaran di sekolah. Penulisan ini merupakan kajian pustaka. Objek penulisan adalah Problematika guru IPS dalam pembelajaran di sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan informasi yang dikumpulkan yaitu berupa data dan informasi dari jurnal ilmiah, internet, hasil penelitian maupun buku-buku yang relevan dengan objek yang dikaji. Penyajian makalah dibagi atas dua pokok bahasan: (1) Problematika guru IPS dalam pembelajaran di Sekolah (2) Upaya-upaya untuk mengatasi problematika guru IPS dalam pembelajaan di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dihadapi oleh guru IPS disekolah dibagi menjadi dua yaitu problem internal guru dan problem ekternal guru. Problem internal meliputi kompetensi guru dan problem eksternal meliputi media pembelajaran, fasilitas sekolah, karakter siswa. (2) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika guru IPS dalam melakukan pembelajaran ialah dengan pengembangan kompetensi guru, pelatihan-pelatihan penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Problematika, Guru IPS, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 Oct 2016 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42022

Actions (login required)

View Item View Item