PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA DI SMK KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS DI SMK MA'ARIF 2 SLEMAN DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN)

Fauzia, Fahmi (2016) PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA DI SMK KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS DI SMK MA'ARIF 2 SLEMAN DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fauzia Fahmi_11101244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpengelolaan sarana praktik Program Keahlian Tata Boga di dua SMK Kabupaten Sleman,yaitu SMK MS dan SMK MM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan di SMK MS adalah Ketua Jurusan, Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, guru dan siswa. Informan di SMK MM adalah Ketua Kompetensi Keahlian, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data berdasarkan model interaktif yang diungkapkan oleh Milles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pengelolaan sarana praktik pada Program Keahlian Tata Boga SMK MS tidak menggunakan proposal pada saat pengajuan usulan pengadaan, dan pengelolaan sarana praktik pada Program Keahlian Tata Boga SMK MM menggunakan proposal pada pada saat pengajuan usulan pengadaan, pengadaan dilakukan dengan cara membeli langsung di toko, (2) inventarisasi pada Program Keahlian Tata Boga di SMK MS dan MM tidak memberi kode pada seluruh sarana praktik yang diinventariskan, (3) penyimpanan sarana praktik Program Keahlian Tata Boga di SMK MS dan MM, untuk sarana pengolahan disimpan di dalam keranjang-keranjang dan dibawah meja kerja siswa, serta peralatan lainnya disimpan di almari, (4) penggunaan sarana praktik pada Program Keahlian Tata Boga di SMK MS dan MM disesuaikan dengan jadwal pelajaran dan kegiatan penggunaan diawasi oleh guru praktik, (5) pemeliharaan pada Program Keahlian Tata Boga SMK MS dan MM dilakukan secara rutin dan berkala. Program Keahlian Tata Boga di SMK MS tidak memiliki jadwal pemeliharaan sarana praktik, dan Program Keahlian Tata Boga di SMK MM telah memiliki jadwal pemeliharaan, (6) penghapusan sarana praktik di Program Keahlian Tata Boga SMK MS tidak langsung dihapuskan dengan cara dimusnahkan atau dilelang, akan tetapi sarana praktik hanya dikumpulkan dan di simpan di gudang, kemudian pada program keahlian tata boga SMK MM sarana praktik yang dihapuskan akan dilaporkan kemudian dihapuskan dengan cara dibuang atau dijual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41702

Actions (login required)

View Item View Item