Haryoni, Aulia Ninda (2016) KULTUR SEKOLAH DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
Skripsi_Aulia Ninda Haryoni_12110244026.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah yang ada di SMA Negeri 8 Kota Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan untuk menggali dan menggambarkan tentang artifak fisik dan non-fisik, nilai-nilai dan keyakinan, serta asumsi-asumsi yang dibudayakan dan menjadi kultur sekolah SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, 3 wakil kepala sekolah, 4 orang guru, dan 3 siswa dengan objek pembangunan kultur sekolah. Setting penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Yogyakkarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Hubberman, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembudayaan kultur sekolah di SMA Negeri 8 Yogyakarta meliputi: 1) Pembudayaan nilai religius yang dilakukan sekolah dengan mengedepankan program-progam keagamaan sesuai agama yang dianut oleh warga sekolahnya dan dilakukan secara rutin setiap harinya. 2) Pembudayaan nilai kebersihan dengan menjaga sekolah tetap dalam lingkungan yang hijau dan asri dengan membuat program semutlis setiap harinya. 3) Pembudayaan nilai sopan santun dan bertutur kata dengan proses pemberian contoh dan juga sosialisasi melalui artifak slogan-slogan di sekolah. 4) Pembudayaan nilai berprestasi dengan mengoptimalkan kemampuan siswa melalui tes kendali mutu yang dilakukan secara rutin. 5) Pembudayaan nilai kejujuran dengan mengedepankan pengawasan yang ketat dan kerjasama guru untuk mewujudkan anak didik yang mampu bersikap sportif. 6) Pembudayaan nilai kedisiplinan dengan membuat peraturan taat akan tata tertib dan tegas dalam pembiasaan serta pemberian sanksi. Kata kunci: Kultur Sekolah Menengah Atas, Pembudayaan nilai-nilai, dan Membangun Kultur Sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 05:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41617 |
Actions (login required)
View Item |