LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PIYUNGAN Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, D. I. Yogyakarta

Yeny Arista Oktaviani, Yeny Arista Oktaviani (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PIYUNGAN Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, D. I. Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yeny Arista O_Pend. Sejarah_11406244024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Program ini merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. PPL dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Di sini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah baik secara fisik maupun nonfisik. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 03 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamat di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, dengan jumlah mahasiswa 16 orang. Setelah dilakukan observasi dan mahasiswa mengamati kondisi yang ada, maka mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Adapun program-program yang dilakasanakan berorientasi pada bidang akademik, baik yang sudah direncanakan maupun program yang tidak direncanakan atau insidental. Pada dasarnya seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, namun hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama dari seluruh rekan-rekan serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi sehingga bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41527

Actions (login required)

View Item View Item