Hubungan Minat Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Nilai Rapor terhadap Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Magelang

Wicaksono, Yoga Pradana (2016) Hubungan Minat Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Nilai Rapor terhadap Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yoga-pradana-wicaksono-14715251022.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Tujuan pertama untuk mengetahui hubungan minat membaca terhadap keterampilan berpidato siswa, kedua hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berpidato siswa, ketiga hubungan nilai rapor terhadap keterampilan berpidato siswa, dan keempat hubungan minat membaca, penguasaan kosakata, dan nilai rapor terhadap keterampilan berpidato siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis korelasioal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Sampel penelitian berasal dari tiga sekolah yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling (area sampling), stratified random sampling, dan cluster random sampling. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment, korelasi product moment, dan point biserial. Uji reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach dan KR-20. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel minat membaca, tes pilihan ganda untuk variabel penguasaan kosakata, dokumentasi untuk nilai rapor, dan tes pidato untuk variabel keterampilan berpidato. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat membaca berhubungan positif dan signifikan terhadap keterampilan berpidato dengan koefisien (R^2) sebesar 29,9%, (2) penguasaan kosakata berhubungan positif dan signifikan terhadap keterampilan berpidato dengan koefisien (R^2) sebesar 29,5%, (3) nilai rapor berhubungan positif dan signifikan dengan keterampilan berpidato dengan koefisien (R^2) sebesar 20,7%, dan (4) minat membaca, penguasaan kosakata, dan nilai rapor secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan keterampilan berpidato dengan koefisien (R^2) sebesar 48,5%. Hal ini menunjukkan bahwa minat membaca, penguasaan kosakata, dan nilai rapor berhubungan positif dan signifikan terhadap keterampilan berpidato baik secara parsial maupun simultan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, penguasaan kosakata, nilai rapor, keterampilan berpidato
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:49
Last Modified: 09 May 2019 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41321

Actions (login required)

View Item View Item