Pengembangan Model Permainan Sepakbola Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Taufik, Andi (2016) Pengembangan Model Permainan Sepakbola Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-taufik-12711251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran permainan sepakbola untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) menghasilkan permainan sepakbola yang menyenangkan dan meningkatkan keterampilan gerak siswa, (3) mengajarkan siswa mengenai keterampilan dasar sepakbola. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan adalah buku dan video dalam bentuk dvd pembelajaran. Model pembelajaran permainan sepakbola yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru Penjasorkes sebagai salah satu bentuk model permainan yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model yang di sarankan oleh Borg & Gall. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa SD Pucanganom II dengan jumlah 14 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap anak-anak SD Muhammadiyah Siraman dan SD Negeri Siraman I yang berjumlah 24 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran permainan sepakbola untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yaitu: (1) model permainan melempar bola, (2) model permainan menjatuhkan botol, (3) model permainan enam lawan tiga, (4) model permainan mengambil ekor, (5) model permainan mencari angka, (6) model permainan mengambil botol, (7) model permainan menerobos benteng, (8) model permainan mencetak gol ke gawang kecil, (9) model permainan tembak sasaran, (10) model permainan gawang bergerak. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner anak, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran permainan sepakbola untuk siswa kelas v sekolah dasar dinilai baik dan efektif, serta anak-anak yang menjadi sampel memberikan respon yang positif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan sepakbola, siswa kelas v sekolah dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:17
Last Modified: 09 May 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40632

Actions (login required)

View Item View Item