Afida Salsabila, Afida Salsabila (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NamaSekolah: SMK Negeri 1Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
FE P.AKUNTANSI 11403244042 AFIDA SALSABILA.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana praktik bagi mahasiswa di lapangan dalam upaya pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam praktik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 2Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kela yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator KKN-PPL SMK N 1Klaten dan guru pembimbing,penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran selama kurang lebih 6 minggu dengan penyampaian dua Kompetensi Dasar yaitukelas XI.KompetensiDasar yang telahdisampaikanadalahsektor dan tanggung jawab industri, dan sektor industri jasa keuangan. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini masih banyak terdapat hambatan yang dialami oleh mahasiswa, diantaranya yaitu pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Tetapi dengan ilmu yang diperoleh saat kuliah, mahasiswa berusaha untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Selain hambatan, ada juga beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa melalui kegiatan PPL ini yaitu mahasiswa memiliki kesempatan untuk menemukan permasalahanpermasalahan seputar kegiatan belajar mengajar dan berusaha memecahkan permasalahan tersebut dengan menerapkan ilmu dan teori-teori yang dipelajari di kampus, memperluas wawasan mahasiswa tentang tugas tenaga pendidik, kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah serta mahasiswa bisa mengembangkan kreativitasnya, misalnya dengan menciptakan media pembelajaran, menyusun materi sendiri berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39241 |
Actions (login required)
View Item |