PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DITINJAU DARI PERSEPSI SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK

Wulansari, Merya and Suparwoto, Suparwoto (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DITINJAU DARI PERSEPSI SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Merya Wulansari_P.Fisika_12302241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Project Based Learning terintegrasi pendidikan lingkungan pada materi pokok fluida dinamis ditinjau dari persepsi sikap tanggung jawab dan kerjasama peserta didik dan (2) mendeskripsikan respon peserta didik pada implementasi perangkat pembelajaran fisika berbasis Project Based Learning terintegrasi pendidikan lingkungan pada materi pokok fluida dinamis ditinjau dari persepsi sikap tanggung jawab dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mengidentifikasi permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan draf awal perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Tahap develop merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi dosen ahli, praktisi, dan uji coba terbatas kemudian diujicoba di SMA N 1 Wonosari. Tahap dessiminate dilakukan dengan menyerahkan produk kepada guru fisika SMA N 1 Wonosari dan MAN 1 Wonosari. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini terdiri dari angket penilaian kelayakan perangkat pembelajaran serta angket penilaian sikap kerjasama dan tanggung jawab peserta didik. Teknik analisis data kelayakan produk menggunakan kategori skala lima,sedangkan data respon peserta didik menggunakan skala empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis Project Based Learning terintegrasi pendidikan lingkungan dinyatakan layak digunakan. Angket penilaian kelayakan terhadap RPP, LKPD, dan modul pembelajaran sebesar menunjukkan kategori baik. Instrumen penilaian pengetahuan dan keterampilan memiliki nilai validitas sebesar 0,90 dan 0,99 (valid) serta nilai reliabilitas sebesar 0,936 dan 0,768 (reliabel). (2) Persepsi sikap tanggung jawab dan sikap kerjasama peserta didik menunjukkan kategori sangat baik. Kata-kata kunci : Perangkat pembelajaran, Project Based Learning, dan pendidikan lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Aug 2016 12:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38678

Actions (login required)

View Item View Item