UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI NGLENGKING SLEMAN

Arsiati Jani Wilyadi, Elia (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI NGLENGKING SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Elia Arsiati Jani Wilyadi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Menulis aksara Jawa masih dirasa sulit bagi siswasehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadikan keterampilan menulis aksara Jawa rendah, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas V SD Negeri Nglengking Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nglengking yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari duasiklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,(3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model TeamsGames Tournament dapat meningkakan keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas V SD Negeri Nglengking. Terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 58,3% dan meningkat menjadi 83,3%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa kelas V yang berjumlah 13 siswa sebesar 11,41%. Kata kunci: keterampilan menulis, aksara Jawa, model Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37920

Actions (login required)

View Item View Item