Kusumawardani, Irlaila (2016) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VA DI SDN PUNGKURAN PLERET BANTUL. S1 thesis, PGSD.
Text
Irlaila Kusumawardani.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA di SDN Pungkuran melalui penerapan model quantum learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sejumlah 22 siswa. Desain yang digunakan adalah desain dengan model bersiklus yang dikembangkan oleh Stephen dan McTaggart yang berisi perencanaan, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model quantum learning dan lembar angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dengan menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA di SDN Pungkuran. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yaitu motivasi belajar siswa yang masuk dalam kategori tinggi atau sangat tinggi memiliki persentase sebesar 41% pada pra tindakan meningkat menjadi 68% pada siklus I. Persentase siswa yang masuk dalam kategori tinggi atau sangat tinggi kembali meningkat pada siklus II menjadi 86%. Kata kunci : quantum learning, motivasi belajar siswa, PKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36864 |
Actions (login required)
View Item |