Hidayatun, Nur Latifah (2016) STUDI DESKRIPTIF: PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMADIYAH TONGGALAN KLATEN. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Nur Latifah Hidayatun.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Adiwiyata di SD Muhamadiyah Tonggalan Klaten yang mencakup 4 komponen program Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Informan penelitian ini adalah 2 Tim Adiwiyata Sekolah, Kepala Sekolah, 2 Guru, 1 Karyawan dan 4 orang Siswa kelas 6. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti dan dibantu pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan komponen kebijakan berwawasan lingkungan sudah terlaksana berupa a) Merubah visi misi sekolah yang sebelumnya tidak berhubungan dengan lingkungan, setelah menjadi sekolah adiwiyata dirubah dengan visi misi yang mendukung pengelolaan lingkungan, adanya mata pelajaran muatan lokal budidaya dan prakarya b) adanya alokasi dana untuk program Adiwiyata, (2) pelaksanaan kurikulum berwawasan lingkungan a) standar satu belum terlaksana karena guru yang memiliki kompetensi mengintegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran belum mencapai 70 % dari total pengajar, b) siswa mendapat materi budidaya dan prakarya (3) penerapan komponen kegiatan lingkungan bersifat partisipasif sudah terlaksana melalui a) berbagai aksi lingkungan baik yang diselenggarakan dari sekolah maupun instansi yaitu kegiatan aksi lingkungan setiap tanggal 9, jum’at bersih, peringatan kalender lingkungan hidup namun belum semua, dan ikut serta dalam acara karnaval peringatan HUT RI, b) sekolah menjamin kemitraan dengan 8 lembaga untuk mendukung Adiwiyata serta mengajak siswa berpartisipasi melalui kegiatan ekstrakulikuler. (4) pengelolaan sarana ramah lingkungan dilaksanakan dengan a) ketersediaan sarana prasarana pendukung yang utama yaitu memanfaatkan Green House, b) peningkatan kualitas sarana dan prasarana yaitu dilakukan perawatan oleh petugas dan kerjasama dengan pihak lain untuk peningkatan kualitas kantin. Kata kunci: pelaksanaan program, adiwiyata
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |