Agatha Pindha Sitaresmi, Agatha Pindha Sitaresmi (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover-abstrak PPL Agatha.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PPL Agatha.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II PPL Agatha.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III PPL Agatha.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial, dan teknik mengajar di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 2 mahasiswa dari Pendikan Fisika, 2 mahasiswa dari Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa dari Pendidikan Ekonomi, 2 mahasiswa dari Pendidikan Matematika, 3 mahasiswa dari Pendidikan Seni Rupa, 2 mahasiswa dari Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa dari program studi Bimbingan Konseling, 2 mahasiswa dari Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa dari PJKR, 2 mahasiswa dari Pendidikan Bahasa Jawa, 2 mahasiswa dari Pendidikan Geografi, 1 mahasiswa dari Pendidikan Sejarah dan 2 mahasiswa dari Pendidikan Sosiologi. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program dan pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing mahasiswa. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XB dan XD untuk mata pelajaran Fisika. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 8 kali, asistensi mengajar sebanyak 8 kali di kelas XA dan XC, serta asistensi praktikum sebanyak 1 kali di kelas XI IPA 2. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMAN 1 Gamping ini dapat diperoleh hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan,dalam hal ini bidang pendidikan fisika yang diperoleh selama menimba ilmu dibangku kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL, sehingga pengalaman lain selama PPL inilah yang sangat berharga bagi Mahasiswa PPL. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancer. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMAN 1 Gamping, guru, fisika |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 02:34 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35569 |
Actions (login required)
View Item |