PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

ARI, MUNANDAR (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARI MUNANDAR.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: ARI MUNANDAR 08504244005 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta, serta (3) pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, dengan teknik analisis data menggunakan korelasi. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta sebanyak 107 siswa dengan sampel penelitian 84 siswa. Metode penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner ( Questioner). Uji validitas instrumen penelitian dengan menguji validitas isi dan butir, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Sedangkan uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas, linearitas dan uji multikolinearitas. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar dengan kontribusi sebesar 20,8%, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara fasilitas belajar terhadap minat belajar dengan kontribusi 14,1%, serta (3) lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta pada tahun ajaran 2015/2016, dengan koefisiensi determinasi R 2 = 0,290. Hal ini berati bahwa lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh sebesar 29,0% terhadap minat belajar siswa dan sebanyak 71,0% ditentukan oleh faktor lainnya. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Jun 2016 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33751

Actions (login required)

View Item View Item