PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Mukhlisin, Muhamad (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Muhamad Mukhlisin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V SD N Tlogoadi masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep-konsep pada materi bangun ruang. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus memperbaiki proses pembelajaran bangun ruang melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas V SD N Tlogoadi Mlati Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Tlogoadi yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V melalui penggunaan media tiga dimensi berupa model-model bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 66,09, siklus I sebesar 73,38 dan pada siklus II menjadi 85,71. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 53,12%, siklus I mencapai 64,7% dan pada siklus II mencapai 94,3%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 19,62. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 52% menjadi 78,5% pada siklus II dengan kategori baik. Kata kunci: hasil belajar, bangun ruang, media tiga dimensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 May 2016 00:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33468

Actions (login required)

View Item View Item