Wijianto, Andi (2016) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara dalam Pembelajaran PPKn di SMA Taruna Nusantara Magelang. S1 thesis, FIS.
Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12401241032.swf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman nilai-nilai bela negara dalam pembelajaran PPKn dan peran PPKn dalam penanaman nilai-nilai bela negara di SMA Taruna Nusantara Magelang. Penelitian ini merupakan sebuah gambaran mengenai cara yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai bela negara agar peserta didik memiliki sikap bela negara yang merupakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive, subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn dan Kepala bagian kegiatan latihan bela negara di SMA Taruna Nusantara Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi penanaman nilai-nilai bela negara dalam pembelajaran PPKn dilaksanakan melalui pembelajaran teori di dalam kelas dengan melalui proses intervensi dan pembiasaan (habituasi). Implementasi penanaman nilai-nilai bela negara tidak hanya dilakukan melalui pembelajaran PPKn saja, namun juga didukung oleh bagian bela negara dengan kegiatan-kegiatannya yaitu: Dasar Bela Negara (Dasar BN), Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara (SISHANNEG), Geopolitik (GEO POL), Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan (PP), Etika Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Pengembangan Kepedulian Lingkungan, Tata Upacara Sekolah (TUS), Pendidikan Anti Korupsi, Ketangkasan Perorangan, Ilmu Medan, Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI), RPS, PKT, dan Pembaretan, dan Latihan Hulubalang, terdapat pula dukungan dari konsep boarding school yang digunakan di SMA Taruna Nusantara Magelang dalam menanamkan nilai-nilai bela negara; (2) Kontribusi PPKn dalam menanamkan nilai-nilai bela negara adalah sebagai pintu gerbang utama dalam menanamkan nilai-nilai bela negara. Tanpa adanya pembelajaran yang baik melalui PPKn maka tidak akan bisa terbentuk peserta didik yang mempunyai sikap bela negara. PPKn merupakan mata pelajaran yang utama dalam mengajarkan bela negara kepada peserta didik. Kata Kunci: Implementasi Penanaman nilai-nilai bela negara, Kontribusi PPKn.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 26 May 2016 03:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33408 |
Actions (login required)
View Item |