Setyaningrum, Atika (2016) PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGASEM KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Atika Setyaningrum.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS dengan penerapan metode the learning cell pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode the learning cell dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan rata- rata persentase setiap indikator keaktifan yang diamati dapat dilihat dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Rata- rata keaktifan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 45,00%, meningkat menjadi 69,78% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,09%. Kata kunci: metode the learning cell, keaktifan, IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 26 May 2016 03:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |