Solihat, . (2016) PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DAN RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL JOGORAGAN BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.
Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241001.swf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara menginternalisasikan pelaksanaan pendidikan karakter kebangsaan dan religius di SDIT LHI Jogoragan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh enam subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, guru bimbingan konseling, guru kelas, wali kelas V (lima), dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT LHI Yogyakarta terletak di Jalan Karaglo No 2, Jogoragan, Mondalon, Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2016 sampai dengan bulan Maret 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik induktif melalui langkah-langkah reduksi data (penyederhanaan), unitisasi dan kategori data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik cross check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Cara menginternalisasikan pelaksanaan pendidikan karakter kebangsaan yaitu melalui kedisiplinan, demokratis dan peduli sosial. Cara menginternalisasikan pelaksanaan pendidikan karakter religius yaitu melalui satu hari satu ayat menghafal al-quran, muroja’ah, riyadhoh al-quran atau berinteraksi dengan alquran, dan shalat duha dan zhuhur berjama’ah serta pembiasaan salam. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan kurikulum akademik dan non-akademik yaitu melaui: Aspek Keagamaan, Aspek Moral, Aspek Ilmu Pengetahuan, Aspek Fisik, Aspek Interpersonal, Aspek Budaya, dan Aspek Sosial. Kata kunci: Pelaksanaan pendidikan karakter, karakter Kebangsaan dan Religius Abstract The purpose of this research is knowing on how to internalize the implementation of education of religious and nationality character in SDIT LHI Jogoragan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kind of research is descriptive with qualitative approach. Subject determination conducted by purposive sampling which is obtained six subjects of research, they are headmaster, counseling teacher, classroom teacher, V grade homeroom teacher, and the learners.The research is located in SDIT LHI Yogyakarta, at Jalan Karaglo No 2, Jogoragan, Mondalon, Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Conducted on Januari 2016 until March 2016. This research use interview and documentation as technique in data collection. Inductive technique in data analyze through some steps on data reduction (simplification), data unitization and categorization, data display and conclusion. Data validation technique which is generated by cross check technique. The result of research shows that: Method on how to internalize the implementation of education of religious and nationality character can be done through dicipline, democratic, and social concern. Education of religious character can be conducted by alqur’an memorizing, muroja’ah, riyadhoh alqur’an, or interact with alqur’an, duha and zuhr prayer in congregation and salaam habituation. While education of character can be conducted by academical and non-academical curriculum, that is : aspects of spiritual, moral, science, aspects of physical, interpersonal, cultural, and social. Keyword: Implementation of character education, nationality and religious character.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 18 May 2016 01:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32772 |
Actions (login required)
View Item |