Ulfiani, Hasna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NEWSPAPER TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB 1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB 2.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
5 BAB 3.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA masih bersifat konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga guru belum inovatif dalam menyajikan permasalahan secara autentik dan hasil kreativitas serta hasil belajar kognitif IPA belum optimal sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya: (1) pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah dan (2) pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretestposttest nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini sejumlah 128 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Berbah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan newspaper dan VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran problem based learning dengan newspaper, (2) lembar observasi kreativitas, dan (3) soal pretest dan posttest. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah digunakan uji t menggunakan program PASW SPSS 18. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah sebesar 25,0% dengan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah sebesar 45,0% dengan nilai signifikansi 0,015. Kata kunci: problem based learning, newspaper, kreativitas, kognitif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 10 May 2016 03:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32456 |
Actions (login required)
View Item |