PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN DAMPAK TERRHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2013

Stevi Gilar Hervani, Stevi (2016) PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN DAMPAK TERRHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
STEVI GILAR HERVANI 11104244042 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa pengguna sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prokrastinasi akademik pada pengguna sosial media studi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samplingdengan jumlah sampel sebesar 360 mahasiswa. Alat pengumpulan data berupa skala prokrastinasi akademik dan angket terbuka intensitas penggunaan Sosial Media. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,930 pada skala prokrastinasi akdaemik. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya sebanyak (45,7%) prokrastinasi mahasiswa berada pada kategori sedang. Indikator yang dominan dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Rata-rata mahasiswa memiliki lima akun sosial media yang aktif dengan intensitas penggunaan selama 4 jam per harinya, untuk sosial media yang paling diminati dan sering dikunjungi adalah Facebook dengan aktivitas yang paling sering dilakukan adalah Chatting. Mayoritas mahasiswa menyatakan bahwa keuntungan dari penggunaan sosial media adalah sebagai hiburan, namun sosial media juga menyebabkan kemalasan bagi para penggunanya. Berdasarkan uji inferensial dengan menggunakan uji regresi sederhana,terdapat pengaruh antara variabel intesitas penggunaan Sosial Media dengan prokrastinasi akademik dengan nilai p (0,000) < 0,05. Dengan demikian, variabel perilaku prokrastinasi akademikdapat dipengaruhi oleh intensitas penggunaan Sosial Media. Terdapat sumbangan efektif variabel intensitas penggunaan sosial media terhadap perilaku prokrastinasi akademik sebesar 86,20%. Kata kunci: penggunaan sosial media, prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30494

Actions (login required)

View Item View Item