Aplikasi Model Component Display Theory (CDT) dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer

Kuswandari, Rr. Eny (2014) Aplikasi Model Component Display Theory (CDT) dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-r-r-eny-kuswandari-05707251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk program pembelajaran multimedia interaktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi matakuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan. (2) Menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan melalui tahap uji coba kelompok kecil dan lapangan. Subyek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalah produk program pembelajaran multimedia interaktif matakuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media,dan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi ahli materi dan ahli media dan uji lapangan. Dengan skala Likert yaitu dengan pensekoran dari 1 sampai 5,dari hasil validasi ahli materi menunjukan rerata 4,15 termasuk kriteria baik, hasil validasi ahli media menunjukkan rerata 3,9 termasuk kriteria baik, hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan rerata 3,8 termasuk kriteria baik dan hasil evaluasi uji lapangan menunjukkan rerata 3,73 termasuk kriteria baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kelayakan kriteria baik digunakan dalam proses pembelajaran Matakuliah Jaringan Komputer.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CDT, pengembangan multimedia interaktif, jaringan komputer
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item View Item