Husni, Wiwit Muhammad (2016) HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR TERLALU TINGGI DAN SIKAP OTORITER ORANG TUA DENGAN STRES SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Wiwit Muhammad Husni.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas belajar terlalu tinggi dengan stres, hubungan sikap otoriter orang tua dengan stres, serta hubungan intensitas belajar terlalu tinggi dan sikap otoriter orang tua dengan stres siswa kelas V SD se-gugus III Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 155 siswa yang diambil dari 6 sekolah dasar yang ada di gugus III Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Uji validitas menggunakan uji validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar terlalu tinggi dengan stres siswa siswa kelas V SD se-gugus III Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap otoriter orang tua dengan stres siswa kelas V SD se-gugus III Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar terlalu tinggi dan sikap otoriter orang tua dengan stres siswa kelas V SD se-gugus III Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Kata kunci: intensitas belajar terlalu tinggi, sikap otoriter orang tua, stres
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 14 Mar 2016 05:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |