Keefektifan Pembelajaran Lingkaran Menggunakan Guided Discovery Learning dengan Setting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Self-Efficacy Matematis Siswa Kelas VIII SMP

Nurkarmilah, Milah (2016) Keefektifan Pembelajaran Lingkaran Menggunakan Guided Discovery Learning dengan Setting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Self-Efficacy Matematis Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-milah-nurkamilah.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
tesis-milah-nurkamilah-13709251083.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran lingkaran menggunakan: (1) guided discovery learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP, (2) guided discovery learning dengan setting kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP, dan (3) membandingkan keefektifan keduanya ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas secara acak. Kelas eksperimen I diberikan pembelajaran guided discovery learning sedangkan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran guided discovery learning dengan setting kolaboratif. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes prestasi belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket self-efficacy matematis siswa. Kriteria keefektifan yaitu lebih dari 75 % siswa mencapai: (1) nilai prestasi belajar minimal 76, (2) skor kemampuan komunikasi matematis baik dan sangat baik, dan (3) skor self-efficacy matematis tinggi dan sangat tinggi. Analisis data yang digunakan yaitu uji satu proporsi, uji , dan uji independent sample t-test . Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan: (1) pembelajaran lingkaran menggunakan guided discovery learning tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP, (2) pembelajaran lingkaran menggunakan guided discovery learning dengan setting kolaboratif efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP, (3) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan guided discovery learning dan guided discovery learning dengan setting kolaboratif, dan (4) pembelajaran lingkaran menggunakan guided discovery learning dengan setting kolaboratif secara rata-rata lebih unggul dari guided discovery learning ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis, tetapi tidak lebih unggul ditinjau dari rata-rata peningkatan prestasi belajar matematika dan peningkatan self-efficacy matematis siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided discovery learning, pembelajaran kolaboratif, prestasi belajar matematika, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jan 2016 01:46
Last Modified: 09 May 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29028

Actions (login required)

View Item View Item