PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Nur Hidayah Dwi Saputri, Nur (2015) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL-NUR HIDAYAH DWI SAPUTRI-11402241034.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar Korespondensi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Korespondensi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; dan (3) pemanfaatan internet dan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Korespondensi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo angkatan 2014/2015 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa SMK Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 34 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 50,4% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,504; (2) pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 45,4% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,454; dan (3) pemanfaatan internet dan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 56,6% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi r2y(1,2) sebesar 0,566 . Kata Kunci: pemanfaatan internet, pemanfaatan perpustakaan, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: isti kistiananingsih
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item View Item