Zulfika Aulia Nukha, Zulfika (2015) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 KLATEN. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.
|
Text
Skripsi_PDF Full.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Klaten. 2) mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Klaten. 3) mengetahui Pengaruh Metode Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK N 4 Klaten dengan N = 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan: 1) metode mengajar terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y = 0,737; r2x1y = 0,543; dan thitung sebesar 9,251 > ttabel sebesar 1,994. 2) penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y = 0,587; r2x2y = 0,345; dan thitung sebesar 6,159 > ttabel sebesar 1,994. 3) metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan korelasi koefisien Ry(1,2) = 0,768; R2y(1,2) = 0,590; dan Fhitung sebesar 51,051 > Ftabel sebesar 3,13. Pengaruh kedua variabel sebesar 59%. Sumbangan efektif metode mengajar sebesar 43,7% dan penggunaan media pembelajaran sebesar 15,3%, sisanya 41% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: metode mengajar, media pembelajaran, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 03:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28376 |
Actions (login required)
View Item |