Implementasi Penilaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul

Jatmiko, Marttyas Dwi (2015) Implementasi Penilaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10401241029.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kecamatan Playen di Kabupaten Gunungkidul. Implementasi tersebut meliputi teknik dan instrumen yang dilaksanakan dalam penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn tingkat SMP Negeri yang secara serempak menerapkan Kurikulum 2013 di Kecamatan Playen, yaitu guru yang mengajar di SMP N 1 Playen, SMP N 2 Playen, SMP N 3 Playen, dan SMP N 4 Playen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumenter. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Pelaksanaan triangulasi data dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dengan metode yang berbeda. Hasil observasi, wawancara, dan dokumenter dilakukan pengecekan. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kecamatan Playen belum terlaksana dengan baik. Penilaian yang sudah terlaksana meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan dengan menggunakan teknik dan instrumen dengan baik. Untuk penilaian pada aspek sikap guru masih belum bisa melaksanakan dengan baik. Implementasi penilaian pembelajaran kurikulum 2013 masih mengalami hambatan, hambatan tersebut antara lain kurangnya pelatihan dan sosialisasi yang diikuti guru tentang kurikulum 2013, pemahaman guru tentang teknis pelaksanaan penilaian sangat kurang, dan waktu dalam melaksanakan penilaian pembelajaran saat proses pembelajaran dirasa guru masih kurang. Kata kunci: Implementsi, Penilaian Pengetahuan, Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28233

Actions (login required)

View Item View Item