Chandra Kirana, Diajeng Atika (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 terdiri dari 40 butir soal objektif dan 5 soal uraian. Soal tersebut dianalisis berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 2 Wonosobo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berbantuan program Anates Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 merupakan soal yang tidak berkualitas. (1) Validitas pada bentuk soal objektif yang valid berjumlah 25 butir (62,5%) dan yang tidak valid 15 butir (37,5%) sedangkan pada bentuk soal uraian seluruhnya (100%) valid. Sehingga dari segi validitasnya merupakan soal yang valid. (2) Reliabilitas pada bentuk soal objektif sebesar 0,36 sedangkan bentuk soal uraian sebesar 0,46. Dilihat dari reliabilitasnya merupakan soal yang tidak reliabel. (3) Tingkat Kesukaran pada bentuk soal objektif yang sukar berjumlah 8 butir (20%), sedang berjumlah 6 butir (15%), dan mudah berjumlah 26 butir (65%) sedangkan bentuk soal uraian seluruh (100%) butir soal dalam kategori soal yang mudah. Dilihat dari segi tingkat kesukarannya merupakan soal yang mudah. (4) Daya Pembeda bentuk soal objektif berkualitas jelek berjumlah 22 butir (55%), cukup berjumlah 14 butir (35%), baik berjumlah 2 butir (5%), dan negatif berjumlah 2 butir (5%) sedangkan bentuk soal uraian berkualitas jelek berjumlah 2 butir (40%), cukup berjumlah 1 butir (20%) dan baik berjumlah 2 butir (5%) maka soal merupakan soal dengan daya pembeda cukup. (5) Efektivitas Pengecoh pada bentuk soal objektif berkualitas sangat baik berjumlah 2 butir (5%), baik berjumlah 2 butir (5%), cukup berjumlah 9 butir (22,5%), kurang baik berjumlah 13 butir (32,5%), dan tidak baik berjumlah 14 butir (35%) maka soal tersebut adalah soal dengan efektivitas pengecoh yang tidak baik. Kata kunci: Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi, SMA Negeri 2 Wonosobo
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 23 Oct 2015 07:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27468 |
Actions (login required)
View Item |