Siti Fitria, Nurdiyani (2015) PEMBINAAN KINERJA PEGAWAI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Siti Fitria N(09101241035).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kinerja pegawai khususnya pembinaan karir pegawai yang terdiri dari; (1) bentuk-bentuk pembinaan karir di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten; (2) hambatan dalam pembinaan karir di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten; (3) solusi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pejabat struktural Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dan pegawai di tiap bidang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Bentuk-bentuk pembinaan karir di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten meliputi : pemberian orientasi umum tentang tupoksi pegawai, fasilitasi kebutuhan rutin pegawai, mensosialisasikan petunjuk teknis hingga ke tingkat pelaksana, mengikutsertakan pegawai dalam bimtek dan diklat yang relevan dengan tupoksi, mengadakan rapat koordinasi lingkup interen maupun lintas sektoral (provinsi) dan proses promosi, laternal, dan mutasi secara terencana. 2) Hambatan dalam pembinaan karir pegawai yaitu : keterbatasan dana dalam penambahan sarana dan prasarana karena bergantung pada Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten, kebutuhan sosialisasi petunjuk teknis sampai ke tingkat pelaksana, kesempatan peningkatan kemampuan pegawai (Diklat, Bimtek, workshop) yang masih bergantung pada pihak eksternal (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten, Perguruan Tinggi, LPMP), dan ada beberapa pejabat struktural kurang menguasai tentang fungsi leadership. 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu: pemeliharaan dan mendayagunakan sarana dan prasarana yang masih ada secara optimal, rapat koordinasi untuk sinkronisasi regulasi pemerintah pusat dan program kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, mensosialisasikan juknis hingga ke tingkat pelaksana melalui seminar dan workshop, memberikan motivasi pegawai berlatih dan belajar secara mandiri, mengadakan rapat koordinasi interen maupun lintas sektor, sosialisasi pengukuran prestasi kerja berdasarkan SKP agar penilaian kinerja obyektif, dan mengirimkan pejabat struktural untuk mengikuti DIKLATPIM. Kata kunci: pembinaan karir, dinas pendidikan kabupaten klaten
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 01:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26996 |
Actions (login required)
View Item |