Raharja, Ika Ayu Shinta Ria (2015) HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN GANTIWARNO KALTEN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Skripsi Ika Ayu Shinta Ria Raharja_10108241065.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pergaulan teman sebaya dengan kecerdasan emosi siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Gantiwarno Klaten. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian berjumlah 445 siswa. Sampel penelitian diambil berdasarkan rumus Slovin yaitu 211 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu pergaulan teman sebaya dan satu variabel terikat yaitu kecerdasan emosi. Metode pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan skala kecerdasan emosi. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,798 untuk variabel pergaulan teman sebaya dan 0,803 untuk variabel kecerdasan emosi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Pergaulan teman sebaya siswa kelas V yang termasuk dalam kategori sedang sebanyak 72,04% dan sebanyak 80,57 % siswa yang kategori kecerdasan emosinya sedang. Besarnya korelasi yang dihasilkan adalah 0,359 dan p= 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan kecerdasan emosi siswa. Dengan demikian maka semakin tinggi pergaulan teman sebaya seseorang, maka semakin tinggi pula kecerdasan emosinya. Kata kunci: pergaulan teman sebaya, kecerdasan emosi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 08:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26526 |
Actions (login required)
View Item |