PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA PADA SISWA KELAS XI SMA IT IHSANUL FIKRI MAGELANG

Agil Munarwidya, Andeas (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA PADA SISWA KELAS XI SMA IT IHSANUL FIKRI MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF JADI.pdf

Download (83MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui media berita pada siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian hanya dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media berita. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berita dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MIA SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen siswa. Peningkatan proses pembelajaran dibuktikan dengan semakin antusiasnya siswa dalam mengikuti pelajaran menulis cerpen. Adapun peningkatan produk atau hasil pembelajaran ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan tes hasil belajar yang diambil dari nilai rata-rata menulis cerpen. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada tahap pratindakan adalah 70,32. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76,48. Pada siklus II, nilai rata- rata yang diperoleh adalah 83,04, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 6,56 poin atau 8,57% dari siklus I dan 12,72 poin atau 18,09% dari tahap pratindakan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media berita berhasil meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26431

Actions (login required)

View Item View Item