Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Siswa di SMA N 1 Wonosari, Yogyakarta

Utami, Rita Bekti (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Siswa di SMA N 1 Wonosari, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rita-bekti-utami-13708251006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran biologi (2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran biologi dengan model Group Investigation Arthropoda untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap siswa, dan (3) menguji keefektifan perangkat pembelajaran biologi dengan model Group Investigation untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap siswa SMA N 1 Wonosari Yogyakarta Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) validasi produk dan revisi pertama, (5) uji coba terbatas, (6) revisi kedua, (7) uji coba luas, (8) revisi produk akhir, (9) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh tiga dosen ahli dan satu guru biologi SMA.Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 4 SMAN 1 Wonosari Yogyakarta.Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan tes tertulis. Data dianalisis dengan menggunakanan analisis dekskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kararteristik perangkat pembelajaran biologi menggunakan model Group Investigation (2) perangkat pembelajaran biologi dengan model Group Investigation pada materi Arthropoda secara keseluruhan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap kerja sama siswa pada proses pembelajaran dengan kategori sangat baik dan (3) Pembelajaran dengan perangkat biologi model Group Investigation selama kurun waktu dua minggu efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap siswa SMA N 1 Wonosari, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, model group investigation, keterampilan proses sains, sikap kerja sama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item