Halida, Nuria (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Materi Cahaya dan Optika untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nuria-halida-13708259037.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui karakteristik serta kelayakan multimedia pembelajaran IPA berbasis masalah dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa MTs. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Purwokerto. Subjek uji coba terbatas sebanyak 12 siswa kelas VIII G dengan rincian 4 siswa kemampuan tinggi, 4 siswa kemampuan sedang, dan 4 siswa kemampuan rendah. Uji coba lapangan menggunakan dua kelas yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakukan berupa pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran IPA berbasis masalah. Kelas VIII B sebagai kelas kontrol atau kelas yang tidak mendapat perlakuan (menggunakan media Powerpoint). Perangkat pembelajaran diuji secara empiris di lapangan dan berdasarkan experts judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar IPA, sedangkan tes uraian digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran IPA berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa MTs. Kondisi ini terlihat dari hasil penilaian validator dengan kriteria baik dan layak yang didukung dengan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar dan nilai tes kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara dua kelas tersebut dengan taraf signifikansi 0,05. Motivasi dan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, terlihat dari nilai gain skor untuk motivasi dan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen. Gain skor motivasi kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,52 sedangkan kelas kontrol 0,30. Gain skor kemampuan berpikir kritis untuk kelas eksperimen 0,61 sedangkan kelas kontrol 0,48.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 07:55 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26102 |
Actions (login required)
View Item |