PENGARUH PROGRAM TRAINING, METODE PEMBELAJARAN, DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU

Alpan, Irpandi (2015) PENGARUH PROGRAM TRAINING, METODE PEMBELAJARAN, DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Alpan irpandi 12501247003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PROGRAM TRAINING, METODE PEMBELAJARAN, DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU Oleh: Alpan Irpandi NIM. 12501247003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran empat variabel dalam penelitian ini, yaitu: program training, metode pembelajaran, administrasi pendidikan dan kompetensi pada siswa kelas XII Kelompok Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul, (2) mengetahui pengaruh program training terhadap kompetensi siswa, (3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap kompetensi siswa, (4) mengetahui pengaruh administrasi pendidikan terhadap kompetensi siswa, (5) mengetahui pengaruh program training, metode pembelajaran dan administrasi pendidikan terhadap kompetensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu Bantul sebanyak 105 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 83 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) program training penting bagi hasil kompetensi siswa sebesar 45,78% termasuk kategori cukup, metode pembelajaran guru penting bagi kompetensi siswa sebesar 45,78% termasuk kategori cukup, dan administrasi pendidikan penting bagi hasil kompetensi sebesar 45,78% termasuk kategori cukup, (2) program training berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,43, (3) metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,425, (4) administrasi pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,47, (5) program training, metode pembelajaran dan administrasi pendidikan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,60 atau faktor determinasi sebesar 60%. Kata kunci: administrasi pendidikan, kompetensi siswa, metode pembelajaran dan program training.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Sep 2015 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25855

Actions (login required)

View Item View Item