Wulandari, Ratna (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS II B SD NEGERI KASONGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Ratna Wulandari_11108241130.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas II B SD Negeri Kasongan Bantul Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Variabel terikat pada penelitian yaitu keterampilan menyimak cerita, sedangkan variabel bebasnya adalah media wayang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II B SD Negeri Kasongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas II B SD Negeri Kasongan Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan nilai mean kemampuan menyimak cerita antara post test kelompok kontrol sebesar 76,87 dan post test kelompok eksperimen sebesar 87 dengan selisih nilai mean post test kelompok kontrol dan post test kelompok eksperimen sebesar 10,13. Kata kunci : media wayang, keterampilan menyimak cerita, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 08:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25579 |
Actions (login required)
View Item |