Zulaikha, Anis Nuria (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KATA BERAKSARA JAWA MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE DI KELAS VA SD N PAYUNGAN, PANDAK, BANTUL. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Anis Nuria Zulaikha_10108241048.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca kata beraksara Jawa kelas Va SD Negeri Payungan melalui pembelajaran menggunakan metode scramble. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va SD Negeri Payungan yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca aksara Jawa di kelas Va SD Negeri Payungan setelah diterapkan metode scramble. Keterampilan membaca aksara Jawa siswa yang meliputi ketepatan pelafalan dan jeda, kelancaran membaca, dan percaya diri meningkat setelah siswa belajar membaca aksara Jawa menggunakan kartu soal dan kartu jawaban scramble. Sebelum diberikan tindakan, hanya ada 8 siswa (38,09%) yang memenuhi KKM. Jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat setelah diberi tindakan yaitu menjadi 12 siswa (57,14%) pada siklus I dan 17 siswa (80,95%) di siklus II. Tindakan penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci: keterampilan membaca kata beraksara Jawa, metode scramble,kelas V SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25533 |
Actions (login required)
View Item |