Komsatun, Ani (2015) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI_ANI KOMSATUN_NIM 11108244007_PGSD 2011.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD N I Srandakan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Pengambilan data menggunakan skala sikap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 1 Srandakan dengan jumlah masing-masing kelas adalah 29 anak. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan rata-rata (beda mean). Pengujian hipotesis menggunakan perbedaan rata-rata hasil skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap motivasi belajar IPS siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan rata-rata skor skala sikap. Pada kondisi akhir, rata-rata kelas eksperimen 92,03 sedangkan rata-rata di kelas kontrol yaitu 83,06. Selain itu, hasil pengkategorian kondisi akhir diperoleh kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan kategori kelas kontrol yaitu sedang. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik mind map berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Srandakan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : motivasi belajar, teknik mind map
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25523 |
Actions (login required)
View Item |