PENERAPAN METODE DIVISI CAPAIAN KELOMPOK BELAJAR (DCKB) DALAM PEMBELAJARAN SASTRA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN

Lestari, Puji (2012) PENERAPAN METODE DIVISI CAPAIAN KELOMPOK BELAJAR (DCKB) DALAM PEMBELAJARAN SASTRA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Puji Lestari 07201244025.pdf

Download (48MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan karakter siswa kelas VII-B SMP N 2 Berbah Sleman melalui penerapan metode DCKB dalam pembelajaran sastra anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-B SMP N 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta yang terdiri atas 36 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini penerapan Divisi Capaian Kelompok Belajar (DCKB) dalam pembelajaran sastra anak untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumen. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, dan validitas dialogis) serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode DCKB pada pembelajaran sastra anak siswa kelas VII-B SMP N 2 Berbah Sleman dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sastra anak dan karakter siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari kualitas proses pembelajaran dalam pembelajaran. Dalam hal ini siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan tidak terlalu banyak bergantung pada guru, siswa juga selalu bekerjasama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Peningkatan secara proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang hasil belajarnya telah memenuhi standar KKM. Pada saat pratindakan terdapat 16 siswa (44,4%), siklus I meningkat menjadi 32 siswa (88,9%), siklus II terjadi sedikit penurunan yaitu 31 siswa(86,1%) dan pada siklus III terjadi peningkatan kembali yaitu 36 siswa (100%) hasil belajar siswa telah memenuhi standar KKM. Penerapan metode DCKB juga dapat meningkatkan karakter siswa dalam ketaatan beribadah, tanggung jawab, dan kerja sama mulai dari pratindakan sampai siklus III. Ketaatan beribadah pratindakan (59,72%), Siklus I meningkat menjadi (65,28%), siklus II meningkat menjadi (88,89%), dan siklus III meningkat menjadi (98,61%). Tanggung jawab pratindakan (56,25%), siklus I meningkat menjadi (72,22%), siklus II meningkat menjadi (88,89%),dan siklus III meningkat menjadi (97,92%). Kerja sama pratindakan (62,5%), siklus I meningkat menjadi (75,69%), siklus II meningkat menjadi (82,64%), dan siklus III meningkat menjadi (98,61%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode divisi capaian kelompok belajar, pembelajaran sastra anak, hasil belajar dan karakter, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25246

Actions (login required)

View Item View Item