KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM INDIE (INDEPENDENT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI, GUNUNGKIDUL

Kartika, Itta (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM INDIE (INDEPENDENT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Itta Kartika 08201244008.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara kelompok yang diberi materi menulis naskah drama menggunakan media film indie (independent) dan kelompok yang tidak diberi materi menulis naskah drama menggunakan media film indie (independent), dan (2) efektivitas media film indie (independent) terhadap pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen control group pretest-postest desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media film indie (independent) dan variabel terikat yang berupa keterampilan menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul dengan jumlah siswa keseluruhan 185 siswa. Teknik penyampelan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa esai menulis naskah drama. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen adalah 0,821 dengan p sebesar 0,000. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil uji statistik dapat diperoleh nilai uji-t. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa skor t hitung lebih besar dari skor t tabel (thitung = 3.575 > ttabel = 1.684) pada taraf signifikansi 5% dan db 48. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis naskah drama yang signifikan antara kelompok yang diberi materi menggunakan media film indie (independent) dan kelompok yang tidak diberi materi menggunakan media film indie (independent). Pembelajaran menulis naskah drama menggunakan media film indie (independent) pada kelompok eksperimen lebih efektif daripada pembelajaran menulis naskah drama pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan media film indie (independent).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media film indie (independent), keterampilan menulis naskah drama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Aug 2015 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25223

Actions (login required)

View Item View Item