PEMAHAMAN GURU IPS SMP DI KOTA YOGYAKARTA TENTANG PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM 2013

Astutiningsih, Tri Puji (2015) PEMAHAMAN GURU IPS SMP DI KOTA YOGYAKARTA TENTANG PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI TRI PUJI A-PENDIDIKAN IPS-11416241042.swf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang perencanaan pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013; 2) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang pelaksanaan pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013; 3) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang penilaian pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman guru IPS SMP tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta dengan jumlah 129 guru, sedangkan sampel diambil sebanyak 65 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang perencanaan pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 berada dalam kategori baik dengan persentase 30,77%; 2) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang pelaksanaan pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 berada dalam kategori baik dengan persentase 47,69%; dan 3) pemahaman guru IPS SMP di Kota Yogyakarta tentang penilaian pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 berada dalam kategori baik dengan persentase 38,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 12 Aug 2015 09:11
Last Modified: 30 Jan 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item