FITRIANI, SAGITA (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA DENGAN MATERI PROSES PEMBENTUKAN MUKA BUMI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10416241016.swf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (FIS Digital)
Skripsi Full 10416241016.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan media pembelajaran IPS menggunakan program Lectora dengan materi proses pembentukan muka bumi untuk siswa SMP kelas VII; 2) Mengetahui tingkat kelayakan media dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan; 3) Mengetahui keefektivan penggunaan media yang dikembangkan oleh peneliti dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian tidak sampai pada tahapan pengembangan produk masal. Dalam penelitian ini, peneliti adalah pengembang dari produk media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan program Lectora, sedangkan subjek uji coba penelitian ini adalah siswa SMP 2 Bantul kelas VII. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar penilaian untuk validator serta kuisioner untuk melihat tanggapan siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Cara mengembangkan media pembelajaran menggunakan program Lectora dapat dilakukan dengan a) pengumpulan data meliputi studi pustaka dan penetapan KI-KD; b) perencanaan produk; c) pengembangan produk meliputi pembuatan media secara keseluruhan menggunakan program Lectora; d) penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru, serta uji coba lapangan. 2) Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan program Lectora dengan materi proses pembentukan muka bumi untuk siswa SMP kelas VII adalah layak. Hasil tersebut diperoleh dari hasil validasi a) dosen ahli materi sebesar 4,10 dengan kategori Baik; b) dosen ahli media sebesar 3,70 dengan kategori Baik; c) praktisi pembelajaran IPS atau guru sebesar 4,80 dengan kategori Sangat Baik; d) respon siswa sebesar 4,08 dengan kategori Baik. 3) Media yang dikembangkan oleh peneliti efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat perbandingan nilai hasil belajar siswa pada materi proses pembentukan muka bumi yang disampaikan tanpa menggunakan media dengan nilai tes yang dilakukan setelah menggunakan media yang dikembangkan oleh peneliti bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Kata Kunci: IPS, Media Pembelajaran, Lectora
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23870 |
Actions (login required)
View Item |