HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Asif, Khairul Anwar (2015) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMKN 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Asif Khairul Anwar 06501241023.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMKN 2 DEPOK SLEMAN Oleh: Asif Khairul Anwar NIM. 06501241023 ABSTRAK Tujuan pembuatan laporan tugas akhir skripsi ini adalah (1) Mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar mata diklat Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomasi Industri SMKN 2 Depok Tahun Ajaran 2010/2011 (2) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata diklat mengaplikasikan rangkaian listrik. (3) Untuk Mengetahui hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata diklat Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomasi Industri SMKN 2 Depok Tahun Ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Otomasi Industri SMKN 2 Depok yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel gaya belajar (X1), motivasi belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Mengaplikasikan Rangkaian Listrik, dimana rhitung sebesar 0,522, sedangkan rtabel dengan N=32 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,349, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,522 > 0,349). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Mengaplikasikan Rangkaian Listrik, dimana rhitung sebesar 0,443, sedangkan rtabel dengan N=32 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,349, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,443 > 0,349). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Mengaplikasikan Rangkaian Listrik, dimana Fhitung sebesar 5,637, sedangkan Ftabel dengan N=32 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,33, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (5,637 < 3,33). Kata Kunci : gaya belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:40
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23500

Actions (login required)

View Item View Item