PERKEMBANGAN IKLAN MEDIA CETAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MODERNISASI DI JAWA (1930-1942)

Ilham Rohman Ramadhan, . (2015) PERKEMBANGAN IKLAN MEDIA CETAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MODERNISASI DI JAWA (1930-1942). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILHAM R. RAMADHAN (11406241029).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perkembangan media cetak tidak akan lepas dari iklan. Terkadang iklan yang memberikan kehidupan kepada media cetak, karena sebagian besar pendapatan sebuah media cetak berasal dari iklan. Penelitian yang mengkaji sejarah perkembangan iklan di Indonesia masih sangat sedikit, padahal iklan lahir berbarengan dengan hadirnya surat kabar pertama di Indonesia. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sejarah awal perkembangan periklanan di pulau Jawa, (2) Mengaji perkembangan jenis dan visual iklan di media cetak yang ada di pulau Jawa, serta (3) pengaruh perkembangan iklan media cetak terhadap modernisasi di pulau Jawa pada periode tahun 1930-1942. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode sejarah kritis. Hal ini diawali dengan heuristik, dimana penulis mengumpulkan sumber baik langsung maupun tidak langsung atau buku-buku yang relevan. Langkah berikutnya adalah kritik sumber dimana penulis meneliti sumber yang dapat dipakai secara ekstern maupun intern, sehingga diperoleh data yang dapat dipertanggungjawabkan. Setelah dilakukan kritik sumber, maka kemudian penulis menafsirkan secara analitis dari bahan yang telah diperoleh sebagai tahap interpretasi. Penafsiran tersebut akan ditampilkan penulis secara deskriptif dalam bentuk karya sejarah. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, sejarah awal periklanan di pulau Jawa dimulai ketika terbitnya surat kabar Bataviasche Nouvelles pada tanggal 7 Agustus 1744, yang sebagian besar isinya berupa iklan perdagangan, pelelangan dan pengumuman-pengumuman resmi pemerintah VOC. Seiring dengan berjalannya waktu banyak bermunculan media cetak di pulau Jawa, baik berupa surat kabar, majalah ataupun jurnal. Setelah dikeluarkannya UU Agraria pada 1870 pemodal asing berlomba-lomba berinvestasi di Hindia Belanda, sejalan dengan pertumbuhan perekonomian yang pesat iklan semakin banyak bermunculan di media cetak. Pada periode 1930-1942 iklan tidak hanya tampil dalam format baris tetapi semakin kreatif dan menarik dengan sentuhan artistik tinggi. Perkembangan periklanan di Jawa ternyata berpengaruh kepada masuknya modernisasi dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari penduduknya. Tetapi modernisasi ini bersifat tidak menyeluruh, karena hanya bisa dirasakan oleh kaum elit Jawa dan bangsawan. Kata Kunci: Iklan, Media Cetak, Modernisasi, Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 09 Jul 2015 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item View Item