PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA PLESETAN STIKER HUMOR DI WILAYAH BANTUL DAN YOGYAKARTA

Safitri, Dian (2013) PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA PLESETAN STIKER HUMOR DI WILAYAH BANTUL DAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Safitri 08210141014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemanfaatan aspek-aspek kebahasaan sebagai bentuk permainan bahasa dalam wacana plesetan stiker humor, (2) fungsi permainan bahasa dalam wacana plesetan stiker humor, (3) makna yang terkandung dalam wacana plesetan stiker humor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu wacana yang terdapat dalam plesetan stiker humor yang berjumlah 76 stiker. Objek penelitiannya yaitu aspek-aspek kebahasaan, fungsi permainan bahasa, dan makna yang terdapat pada wacana plesetan stiker humor. Data diperoleh dengan teknik simak dan catat. Data dianalisis dengan metode padan dan metode agih. Metode padan digunakan untuk menganalisis fungsi permainan bahasa dan makna yang terkandung dalam plesetan stiker humor, sedangkan metode agih digunakan untuk menganalisis aspek-aspek kebahasaan dalam plesetan stiker humor. Hasil penelitian menunjukkan tiga kesimpulan. Pertama, pemanfaatan aspek-aspek kebahasaan sebagai bentuk permainan bahasa dalam wacana plesetan stiker humor ditemukan 3 bentuk permainan bahasa (1) pemanfaatan aspek-aspek kebahasaan sebagai bentuk permainan bahasa dalam bidang fonologi meliputi permutasi bunyi, substitusi bunyi, penambahan bunyi, perubahan fonem, kemiripan bunyi, pantun, dan teka-teki. (2) pemanfaatan aspek-aspek kebahasaan sebagai bentuk permainan bahasa dalam bidang morfologi meliputi ortografis, akronim, singkatan, kata ulang, nama, dan antonimi. (3) pemanfaatan aspek-aspek kebahasaan sebagai bentuk permainan bahasa dalam bidang semantik meliputi peribahasa dan metonimi. Kedua, fungsi permainan bahasa dalam wacana plesetan stiker humor ditemukan sebanyak 6 fungsi yaitu, (1) fungsi komuniatif, (2) fungsi humor, (3) fungsi kritik, (4) fungsi kreatif, (5) fungsi eufimisme, dan (6) fungsi estetis. Ketiga, makna yang terkandug dalam wacana plesetan stiker humor ditemukan sebanyak sembilan makna, yaitu (1) pernyataan, (2) sindiran, (3) perintah, (4) larangan, (5) peringatan, (6) saran, (7) sebab-akibat, (8) kritikan, dan (9) informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan bahasa, wacana, plesetan, stiker, humor
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item