Umi, Fatimah (2015) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERKENALKAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA. S1 thesis, UNY.
|
Text
UMI FATIMAH_09520241015.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERKENALKAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA Oleh: Umi Fatimah NIM 09520241015 ABSTRAK “Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut menjadi latarbelakang pengembangan game Android “Visit Indonesia”. Game Android “Visit Indonesia” merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia dengan cara belajar dan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Android “Visit Indonesia” dan menganalisis kualitas serta kelayakannya sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan delapan tahap penelitian yaitu analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi desain, pengujian alfa, revisi, pengujian beta, perbaikan media, dan peluncuran produk. Pengujian alfa dilakukan oleh pengembang dibantu 5 ahli pengembangan perangkat lunak dan 3 ahli budaya. Pengujian beta dilakukan oleh 73 remaja. Pengujian compatibility dan performance aplikasi menggunakan tools pengembangan aplikasi Android, software Little Eye, DDMS dan checklist observasi. Pengujian functional menggunakan test case. Pengujian generic characteristic mobile app menggunakan checklist dari Sogeti dan KeepItUsable, Pengujian usability menggunakan kuesioner usability dari J.R. Lewis, dan pengujian konten materi game menggunakan checklist uji materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa game Android “Visit Indonesia” memiliki kualitas yang baik dan layak sebagai media pengenalan wisata dan budaya Indonesia. Pengujian alfa menunjukan bahwa game memiliki kualitas baik dari aspek performance dan compatibility. Game memiliki kualitas sangat baik dari aspek functional sebesar 100%, dan aspek generic characteristic mobile app sebesar 97%, dan materi yang terkandung dalam game dinyatakan 100% valid. Pengujian beta menghasilkan nilai usability sebesar 79% dan masuk kategori layak sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia. Kata kunci : Game Android, Visit Indonesia, Wisata dan Budaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 07:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21559 |
Actions (login required)
View Item |