KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBAHASA JERMAN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Widiana, Martika (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBAHASA JERMAN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Martika Widiana 09203241009.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul antara yang diajar menggunakan media video berbahasa Jerman dan yang diajar menggunakan media konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan media video berbahasa Jerman pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain eksperimen pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Banguntapan Bantul yang berjumlah 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X2 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X5 (24 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu penggunaan media video berbahasa Jerman sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung 3,603 lebih besar dari t-tabel 2,010 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul antara yang diajar menggunakan media video berbahasa Jerman dan yang diajar dengan media konvensional. Bobot keefektifannya adalah 11,7%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 18,92 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 17,29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video berbahasa Jerman lebih efektif pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video, keterampilan berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item