Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Implementasi Kurikulum 2013 pada Proses Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kota Pekanbaru

Nurwati, Ulfa (2015) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Implementasi Kurikulum 2013 pada Proses Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kota Pekanbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ulfa-nurwati-13708251076.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Pekanbaru serta mengetahui hubungan kesiapan guru, ketersediaan sarana dan prasarana, dan kepemimpinan kepala sekolah dengan implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kota Pekanbaru yang tetap melanjutkan penerapan Kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Jumlah sampel diambil sama dengan jumlah populasi yaitu SMA Negeri 1, 2, 6, 8, dan 12 dengan lima orang kepala sekolah dan 13 orang guru fisika kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dan kriteria penilaian aspek, dan (2) analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran fisika kelas X SMA Negeri di Kota Pekanbaru masuk dalam kategori cukup baik, (2) kesiapan guru memiliki hubungan yang signifikan dengan implementasi Kurikulum 2013, (3) ketersediaan sarana dan prasarana memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan implementasi Kurikulum 2013, serta (4) kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan implementasi Kurikulum 2013. Penelitian juga menemukan beberapa aspek yang harus dilaksanakan, yaitu penilaian otentik dan penggunaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, ketersediaan sarana dan prasarana, kepemimpinan kepala sekolah, implementasi kurikulum 2013, proses pembelajaran fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:30
Last Modified: 09 May 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item View Item