Rahmawati, Septiyani (2013) KORELASI ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK SINETRON TELEVISI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SEKABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Septiyani Rahmawati 09201241077.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebiasaan menyimak sinetron televisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2012/2013, (3) menguji adanya korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak sinetron televisi dengan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri se-kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel siswa yang diambil berjumlah 385 siswa yang diambil dari tiga sekolah yakni SMA Negeri 1 Kutowinangun, SMA Negeri 1 Pejagoan dan SMA Negeri 1 Buluspesantren. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik angket. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis, dan teknik angket digunakan untuk mengetahui tingkat kebiasaan siswa dalam menyimak sinetron televisi. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kebiasaan menyimak sinetron televisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2012/2013 dapat diketahui sebesar 96,10% dalam kategori sedang; (2) kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2012/2013 dapat diketahui sebesar 100% dalam kategori sedang, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak sinetron televisi dengan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan rhitung sebesar 0,102 dan rtabel 0,098 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kebiasaan menyimak sinetron televisi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan menyimak, kemampuan menulis, siswa SMA |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 02:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20693 |
Actions (login required)
View Item |