EFEKTIVITAS KINERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI KOTA YOGYAKARTA

Tri, Yulianah (2015) EFEKTIVITAS KINERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Yulianah.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Rintisan Sekolah Bertaraf internasional (SMPN RSBI) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tempat penelitian di SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta. Sumber data penelitiannya yaitu kepala sekolah, koordinator urusan RSBI, guru/wali kelas, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif menurut Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) Kebiasaan belajar siswa SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta efektif, dalam kegiatan intrakurikuler siswa membuat catatan materi pelajaran, mengulangi atau menghafal bahan pelajaran. Dalam kegiatan kokurikuler siswa mengerjakan PR di rumah, mengerjakan LKS, mengerjakan sendiri ulangan harian dan umum; (2) Kepribadian Siswa SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta baik, siswa senang bisa mengikuti kegiatan sosial sesuai keinginan, siswa mudah menyesuaikan diri dengan teman-temannya, penampilan pakaian rapi; (3) Keaktifan Siswa SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta aktif, dalam kegiatan intrakurikuler siswa aktif diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah. Dalam kegiatan kokurikuler siswa menerima tugas di luar jam pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka wajib di ikuti oleh kelas 7; (4) Prestasi Siswa SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta tinggi, siswa memiliki prestasi akademik dan non akademik di lihat dari hasil belajar siswa, hasil nilai UN, hasil lomba yang berhubungan dengan akademik dan non akademik, keterlibatan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mendapatkan nilai yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20647

Actions (login required)

View Item View Item