Suprapto, Wasis (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TORNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII C SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto COVER dan daftar isi.swf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto ABSTRAK.swf - Published Version Download (60kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto BAB I.swf - Published Version Download (85kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto BAB II.swf - Published Version Download (230kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto BAB III.swf - Published Version Download (235kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto BAB IV.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto BAB V.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Other (FIS Digital)
IPS 09416241037 Wasis Suprapto LAMPIRAN.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Keaktifan dan hasil belajar IPS di kelas VII SMP Negeri 5 Sleman masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPS adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) di kelas VII C SMP Negeri 5 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Penelitian mengunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu apabil rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa mencapai presentase 75% atau lebih. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa yaitu (1) memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, (2) pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga afektif, (3) pembelajaran berpusat pada siswa, dan (4) guru hanya berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Cara peningkatan belajar ini tenyata terbukti bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII C. Keaktifan belajar siswa bisa meningkat dari 64,52% menjadi 83,87%. Selain itu, cara ini juga berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar dari 67,74% menjadi 80,65%. Berdasarkan hasil tersebut maka penerapan model kooperatif tipe TGT dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas VII C SMP Negeri 5 Sleman. Kata Kunci: TGT, Keaktifan, dan Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 03:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20357 |
Actions (login required)
View Item |