Andaris, Yanuar (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MUSIK KLASIK PADA SISWA KELASXII IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris HALAMAN AWAL.swf - Published Version Download (209kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris ABSTRAK.swf - Accepted Version Download (33kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris BAB I.swf - Published Version Download (47kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris BAB II.swf - Published Version Download (137kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris BAB III.swf - Published Version Download (182kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris BAB IV.swf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris BAB V.swf - Published Version Download (53kB) |
|
Other (FIS Digital)
Sej 09406244019 Yanuar Andaris LAMPIRAN.swf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Metode dalam proses pembelajaran memberi pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode problem solving dan musik klasik untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah obervasi, wawancara, dan angket. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penggunaan metode problem solving dan musik klasik dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMa Muhammdiyah Purworejo. Pada siklus I sebelum tindakan presentase rata-rata minat belajar siswa mencapai 68,78%, pada siklus I setelah tindakan mencapai 75,38%, dan siklus II mencapai 76,41%. Kekurangan yang dihadapi adalah siswa masuk kelas sedikit terlambat pada waktu pergantian jam pelajaran dan siswa masih terlihat sedikit asing dengan metode problem solving dan musik klasik. Kelebihan penerapan metode problem solving dan musik klasik yaitu siswa terdorong untuk memiliki solidaritas antar teman yang baik untuk kinerja kelompoknya, siswa lebih fokus dalam berdiskusi sembari mendengarkan musik klasik. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Musik Klasik, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 06:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19868 |
Actions (login required)
View Item |